Sunday 13 January 2013

Kajian Bisnis Johnson & Johnson (J&J)

"kegagalan dalam Berbisnis adalah ketika pelaku bisnis tidak mampu melihat karakteristik pasar dan karakteristik bisnis yang akan dibangun"

Johnson & Johnson di indonesia lebih dikenal sebagai perusahaan yang bergerak pada produk kesehatan bayi, seperti bedak, minyak telon, shampoo, sabun, dll. J&J (Johnson and Johnson) adalah perusahaan multinasional yang didirikan lebih dari 100 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1886 oleh Robert Johnson dan dua saudaranya,  di Racine, Wisconsin, Amerika Serikat oleh keluarga Johnson, dan masih dikelola oleh keluarga pendiri sampai dengan saat ini.
sampai saat ini perusahaan Johnson & Johnson memiliki 230 anak perusahaan, beroprasi di 57 negara, dan memperkerjakan sekitar 116.200 pekerja, dan produk-produknya dijual lebih dari 175 negara.

pada awal berdirinya perusahaan JnJ bergerak pada bidang kebersihan, dan pengharum. Pada akhir abad ke-19 menlanjutkan dan mengembangkan pada kesehatan, dimulai dengan produk bedak bayi. pada perkembanganya johnson & johnson telah berkembang hingga menetapkan konsentrasi pada produk dengan tiga kategori yaitu  farmasentika, peraltan medis, dan barang konsumsi.

Perusahaan Johnson and Johnson dibangun melalui visi "memaksimalkan kekuatan keberagaman yang akan menghasilkan kerja terbaik dan peluang keuntungan yang bekelanjutan" dan dengan misi "Mengembangkan kepercayaan, menggapai keahlian, penampilan terbaik, bersinergi dengan para pemimpin pengusaha, memelihara hubungan dengan para profesional, pelanggan, dan mitra bisnis.

Tinjauan Kategori Produk J&J
Melalui perspektif seorang pebisnis pemula memandang bahwa kebutuhan pasar akan obat tidak akan pernah berhenti, selama masih ada mahluk hidup dan mahluk hidup itu pasti pernah sakit, maka penjualan obat merupakan usaha yang tidak akan pernah padam. Sedangkan peralatan medis menjadi suport tools dari suatu layanan kesehatan. Setiap negara, setiap daerah pasti ada layanan kesehatannya dan pelayanan kesehatan yang baik adalah layanan kesehatan dengan fasilitas memadai, alat kesehatan memerlukan kakuratan dan kondisi yang sangat baik dalam penggunaannya karena akan berpengaruh pada hasil analisa kesehatan ataupun hasil dari pelayanan kesehatan itu sendiri.
pasar barang konsumsi "health care" menjadi barang yang akan habis terpakai dan setiap orang terutama balita menjadi sasaran utama karena kebutuhan akan perawatan kesehatan pada balita akan berpengaruh pada sejauh mana balita tersebut tarlindung dari yang namanya penyakit, dan selama masih ada balita produk ini akan terus digunakan. Semua produk yang ditawarkan oleh Johnson and Johnson adalah mayoritas produk-produk yang habis pakai.

"penetapan kategori produk yang akan dipasarkan akan memudahkan perusahaan memasuki pasar dengan segala keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaan"

Tinjauan RnD Perusahaan Johnson and Johnson
perusahaan J&J memandang bahwa RnD merupakan nafas kehidupan bagi perushaaan, hal ini dikarenakan keuntungan yang diperoleh setelah mendapatkan formulasi baru dari suatu produk yang di keluarkan terutama dari produk dengan kategori pharametical. hal ini dikarenakan adanya hak paten pada obat yang dikeluarkan dengan begitu akan terjadi dominasi pasar terhadap produk yang dikeluarkan. pengadaan hak paten ini menjadikan perusahaan memiliki keuntungan yang berlipat dari harga produksi.
Dapat dibayangkan apabila kita menghasilkan suatu produk pada daerah tertentu misalnya pakaian tidur, nah jenis itu kita patenkan dan hanya kita yang dapat menjual produk tersebut. dapat dibayangkan harga yang akan ditawarkan pada pasar akan tinggi setinggi tingginya, sehingga sebagai produsen kita mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

"pengembangan bisnis utama adalah pengembangan bisnis pada produk yang baru yang manfaatnya diperlukan oleh orang banyak"

Tinjauan Terhadap Segmentasi Bisnis
JnJ melakukan distribusi produk dengan melakukan cara "right produk in the right place" hal ini dilakukan dengan menempatkan produk dengan kategori pharmaceuticals yang di fokuskan pada daerah eropa, asia dan amerika, sedangkan untuk kategori produk konsumsi di fokuskan pada daerah  eropa dan amerika. sedangkan untuk produk dengan kategori peralatan medis lebih detekankan pada asia dan eropa.
Peranan Analisis segmentasi pasar digunakan sebagai:
1. menempatkan dan membandingkan posisi perusahaan dalam marketing,
2. dapat mengalokasikan pendanaan yang lebih tepat terhadap berbagai segmen,
3. dapat lebih baik mengatur produknya dan marketing appealnya


"Right Product in the Right Place with the Right Price"

Tinjauan Terhadap Pesaing Bisnis
Memasuki dunia bisnis tentunya harus berhadapan dengan pesaing bisnis. Perusahaan JnJ memliki banyak pesaing dalam menjalankan bisnisnya. terutama karena JnJ adalah market leader untuk perusahaan yang sejenis maka banyak perusahaan yang ingin mengambil posisi sebagai market leader tersebut. Bagamaina melakukan efisiensi baik dari sisi pengembangan bisnis (RnD), segmentasi produk, dan pemasaran produk menjadi hal yang menjadi pertimbangan JnJ dalam menjalankan bisnisnya. Eli Lily, Novartis, dan P&G merupakan beberapa pesaing JnJ dalam menjalankan bisnisnya.

"Mengetahui dimana posisi dipijak menjadikan perusahaan mengetahui target pencapaian selanjutnya"

Analisis pasar dan segmentasi pasar akan sangat menentukan daya tarik pasar terhadap produk yang ditawarkan dan perusahaan akan lebih memahami akan peluang serta ancaman yang berkembang di pasar.




Sumber Pustaka
Wikipedia. (2013). Johnson & Johnson. link: http://id.wikipedia.org/wiki/Johnson_%26_Johnson
Subagyo, Ahmad. (-). Analisis Pasar dan Segmentasi. Link http://www.ahmadsubagyo.com/download/marketing_in_business/BAB_2_ANALISIS_PASAR.pdf

0 komentar: