Saturday 26 January 2013

GAYA KOMUNIKASI KAMU


Apakah kamu berbicara seperti “bos” atau seorang “anak”? Apakah kamu lebih aktif mendengar atau melihat? Pilihlah huruf a, b, atau c, untuk pernyataan dalam setiap kelompok yang paling menggambarkan diri kamu.

a. Kita seharusnya menonton film di bioskop.
b. Marilah kita menonton film di bioskop.
c. Saya berharap kita dapat menonton film di bioskop.

a. Saya seharusnya mendapat bantuan.
b. Saya akan mendapat bantuan.
c. Saya memerlukan bantuan.

a. Saya lebih baik cepat-cepat.
b. Saya akan cepat-cepat.
c. Saya akan mencoba cepat-cepat.

a. Kita harus makan sekarang.
b. Kita dapat makan sekarang.
c. Kita perlu makan sekarang.

a. Kita harus menang.
b. Kita dapat menang.
c. Kita perlu menang.

a. Kalian tidak pernah ingat ulang tahunku.
b. Apakah kalian akan ingat ulang tahunku.
c. Saya berharap kalian akan ingat ulang tahunku.

Bagian ini mengungkapkan kepada kamu mengenai status ego kamu. Ini didasarkan pada hasil karya ahli psikologi Eric Berne, yang yakin bahwa kita kadang-kadang menjalani hidup kita dengan bertindak sesuai dengan “naskah” yang kita pelajari ketika kita muda. Dr. Berne mengenali tiga status ego: orang tua,  dewasa, dan anak.

Untuk jawaban dapat membolock tulisan dibawah ini. :)
Jumlahkan huruf a, b, dan c yang kamu pilih.
Bila pilihan kamu sebagian besar a, kalian berada dalam status ego orang tua. Kalian melihat berbagai hal dalam arti “hitam dan putih”. Kalian mungkin sering merasa seperti “bos”.
Bila pilihan kalian sebagian besar b, kalian berada dalam status ego dewasa. Kalian merasa dalam kendali tanpa mencoba mengendalikan orang lain. Kalian hanya menyatakan fakta tanpa banyak emosi.
Bila pilihan kalian sebagian besar c, kalian berada dalam status ego anak. Kalian merasa perlu ada orang lain bertanggung jawab sehingga kalian dapat bersenang-senang.

Kamu dapat mengubah status ego kalian berkali-kali setiap hari, tergantung pada apa yang kalian lakukan, orang yang berada bersama dengan kalian, dan suasana hati kalian saat itu.

0 komentar: