Thursday 7 January 2016

4 Hal Terpenting dalam Menjaga Kesehatan Menurut Ajaran Islam

Islam sesungguhnya sangat memperhatikan perinsip kesehatan terkait "Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati". Dalam hal ini di dalam islam terdapat empat upaya preventif yang dapat dilakukan manusia untuk menjaga kesehatannya, adapun upaya tersebut adalah:



1. Menjaga Kebersihan (nadzafah), yang tercermin dalam wudlu, mandi, siwak (menggosok gigi), mencuci pakaian, memotong kuku dan rambut.

2. pelarangan terhadap makanan dan minuman yang tidak baik atau merusak kesehatan. ini sudah ditegaskan dalam surat Al-Bawarah ayat 172-173 dan surat Al-Ma'idah ayat 90. dalma surat Al-A'raaf Allah SWT menegaskan "dan makanlah serta minumlah kalian, namun jangan melampaui batas". batas kuantitas maupun batas kualitas dalma arti, keseimbangan antara kuantitas dan kualitas makanan dan minuman yang diperlukan bagi insar, menurut kandungan gizi yang diperlukan untuk memelihata kesehatan.

3. kesehatan umum, dalam hal ini Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits riwayat Imam Muslim, "setiap penyakit itu ada obatnya, maka bila obat itu menyentuk penyakit, ia akan menjadi sembuh dengan izin Allah". dalam islam berlaku juga karantina demi kesehatan umum.

Rasulullah juga bersabda dengan riwayat ashhab al-sunan, "manakala disuatu daerah terjangkit suatu wabah, hanganlah kalian masuk didalmnya, dan apaila berjangkit wabat disautu daerah dimana kalian sedang ada di situ, janganlah kalian keluar dari situ."

bahkan penceganagn penularan penyakit seperti itu juga berlaku bagi hewan, sebagai mana sabda Rasulullah dalma riwayat Bukhori dan Muslim, "janganlah mendekati pemilik onta yang sakit pada pemilik onta yang sehat, agar penyati itu tidak mengjangkiti".

4. Olah Raga ( riyadlah). hali ini tercermin dalma tingkah laku hidup sehat, puasa dan larangan menggunakan tenga fisik melampaui batas maksimal.

(Sumber: Lembaga Kesehatan Nahdatul Ulama (LKNU, 2013)

0 komentar: