Thursday 10 July 2014

Nilai PLUS +


Ada satu kisah mengenai tiga orang pemuda yang sedang mencari pekerjaan. Ketiga orang pemuda tersebut tiba di sebuah pelabuhan dan menemukan sebuah kapal besar yang sedang membutuhkan 3 awak kapal. mendaftarlah ketiga pemuda tersebut.
Kapten kapal menanyakan satu hal kepada ketiga pemuda tersebut, pertanyaan itu adalah "Apa Keahlian yang kalian miliki?"




pemuda pertama di tunujuk dan menjawab, pemuda pertama lama berfikir dan terus berfikir lebih keras untuk mencari apa keahliannya, dan pemuda itu menjawab. "aku bingung apa keahlianku ya kapten.... :(" sambil bersedih hati pemuda tersebut menjawab pertanyaan itu.
pemuda kedua lalu menjawab, " aku tak lebih baik dari yang pertama, aku hanya bisa memasak ya kapten, :)." pemuda tersebut sambil tersenyum menjawab pertanyaan sang kapten.
pemuda ketiga langsung menjawab, setelah beberapa saat pemuda ke dua menjawaab. " KAPTEN, banyak hal yang bisa saya lakukan, saya bisa bermain musik, saya bisa bermain drama, tubuh saya lincah, saya bisa dengan cepat mengantarkan sesuatu, saya bisa memanjat, saya bisa berenang, saya bisa melukis, saya bisa beladiri. dan masih banyak hal yang saya bisa KAPTEN. :D." pemuda tersebut banyak sekali menyebutkan apa yang dia bisa, dan dengan sangat bangga pemuda tersebut memberitahukannya pada sang kapten.

lalu apa yang dikatakan terhadap ketiga pemuda tersebut oleh sang kapten?.......

sang kapten mulai menjawab"

Pemuda kedua, kau saya tempatkan menjadi koki di kapal ini.
Pemuda pertama, kau bantu pemuda kedua untuk memasak di dapur kapal.

dan pemuda ketiga, Mmm.......... (sang kapten lama berfikir)........... kau saya jadikan OB di kapal ini.


Kalau saja kapten itu adalah kalian, posisi apa yang akan kalian berikan pada ketiga pemuda tersebut? apa sama sperti yang diberikan sang kapten?

seseorang tidak memerlukan banyak keahlian untuk menjadi seseorang yang berguna bagi lingkungannya, Hanya SATU yang perlu kalian miliki dan kalian menjadi ahli dalam bidangnya. hal tersebut yang menjadikan pemuda kedua langsung mendapatkan peran yang sesuai dengan apa yang dia senangi dan apa yang menjadi keahliannya.
  

0 komentar: